RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) bahasa Inggris K-13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMA
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : X/1 (satu)
Materi Pokok                        : Teks deskriptif  lisan dan tulis, sederhana tentang tempat wisata
Alokasi Waktu                       : 20 menit (1 x pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1       :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2       :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
K3         :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K4         :    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Mensyukuri kesempatan  dapat mempelajari bahasa Inggris pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya.
2.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1 Menyelesaikan tugas bahasa Inggris tepat waktu.

2.2.2 Menyelesaikan tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja kelompok.

2.2.3 Datang tepat waktu pada saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam pelajaran.

3.
3.7  Menganalisis fungsi sosial,    struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata,  sesuai dengan konteks penggunaannya.





4.8.    Menangkap makna dalam teks deskriptif  lisan dan tulis sederhana.



4.9.    Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempatwisata, danbangunanbersejarahterkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



4.10 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang tempat wisata dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.







3.7.1        Menentukan tujuan komunikatif teks.
3.7.2        Mengenal teks deskriptive
3.7.3        Mengidentifikasi ungkapan atau pola kalimat dalam teks.
3.7.4        Mengidentifikasi kata sifat (adjective) dalam teks.
3.7.4    Mengidentifikasi struktur teks.
3.7.5    Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks.


4.8.1   Mengamati teks deskriptif tentang tempat wisata
4.8.2   Mengidentifikasi Teks descriptif sesuai gambar

4.9.1   Menyebutkan fungsi sosial dan struktur teks dalam teks Descriptive
4.9.2    Mengenal struktur teks deskriptif
            4.9.3        Menyebutkan struktur teks
            4.9.4        Menjelaskan isi bagian teks
            4.9.5        Mempresentasikan teks      deskriptif



4.10.1  Menyatakan sifat dan ciri fisik tempat wisata secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima.
4.10.2 Menyatakan sifat dan ciri fisik tempat wisata secara tertulis, dengan akurat, runtut dan berterima.
4.10.3  Mendeskripsikan tempat wisata (yang disukai)  secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima.
4.10.4  Mendeskripsikan tempat wisata (yang disukai)  secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima.
4.10.5 Membuat teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata dengan akurat, runtut, dan berterima.

C.   Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.    Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri tentang tempat wisata pada gambar secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima.
2.    Menemukan arti kata sifat (adjective) dan pola struktur tentang tempat wisata pada gambar secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima.
3.    Menyatakan sifat dan ciri fisik tempat wisata dengan akurat, lancar
4.    Siswa dapat mengidentifikasi fungsi teks dan unsur kebahasan teks deskriptif.
5.    Siswa dapat mendiskripsikan tempat wisata berdasarkan sifat dan ciri fisiknya secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima.

D.      Materi Pembelajaran

Fungsi Sosial         : Mendeskripsikan dan mengidentifikasi tempat wisata.

Struktur Teks       :
·           Penyebuttan nama tempat wisata dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
·           Penyebutan sifat tempat wisata dan bagiannya.
·           Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan tempt wisata yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.


Unsur Kebahasaan:      
·           Kata kerja dalam simple present (be, have, see, take, etc)
·           Kata sifat (beautiful, famous, large, wide, etc)
·           Kata benda yang terkait dengan tempat wisata.
·           Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan.

Topik:
·           Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.

E.       Metode Pembelajaran
1.         Demonstrasi
2.         Tanya jawab

F.       Sumber Belajar
1.         Contoh – contoh teks deskriptif tentang tempat wisata
  
G.      Media Pembelajaran
1.         Media : gambar tempat wisata
2.         Alat dan bahan : kertas.

H.      Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (5 menit)
1)      Guru memberi salam (greeting)
2)      Guru menanyakan kabar siswa
3)      Guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran
4)      Guru memeriksa kehadiran siswa
5)      Guru melakukan tanya jawab dengan beberapa siswa tentang materi yang akan dipelajari
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai siswa

Kegiatan Inti (10 menit)
Mengamati
1)        Siswa memperhatikan gambar tentang tempat wisata dan mendengarkan pertanyaan guru.
2)        Siswa merespon dan menjawab pertanyaan dari guru
3)        Siswa Peserta didik mengamati contoh teks deskriptif.

Menanya
4)        Guru menanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi

       Mengeksplorasi
5)        Siswa membacakan contoh teks deskripsi lain dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat.
6)        Siswa menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar.

Mengasosiasi
7)        Siswa menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan tempat wisata dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan.
8)        Siswa mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya.
9)        Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman.

Mengomunikasikan
10)    Siswa menganalisis teks deskripsi tentang tempat wisata sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur, dan unsur kebahasaanya.
11)    Siswa menyampaikan hasil analisisnya didepan guru dan teman.

Penutup (5 menit)
1.         Siswa dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.         Guru mengajak siswa menutup pelajaran dengan do’a.
3.         Guru mengucapkan salam penutup.

12)    Penilaian

1.      Sikap spiritual
a.       Teknik penilaian               : Tertulis
b.      Rubrik penilaian sikap spiritual

No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1

c.       Pedoman pensekoran:
5 = Menunjukkan sikap sangat bersyukur
4 = Menunujukkan sikap bersyukur
3 = Menunujukkan sikap cukup bersyukur
2 = Menunujukkan sikap kurang bersyukur
1 = Menunujukkan sikap tidak bersyukur

2.      Ketrampilan
a.         Teknik Penilaian   : Unjuk kerja
b.         Bentuk Instrumen            : Tes Keterampilan Menulis, Membaca, dan Berbicara
c.         Kisi-kisi                :

No.
Keterampilan
Indikator
Instrumen
1.
Berbicara
-    Disajikan sebuah percakapan singkat, siswa dapat memperagakan percakapan tersebut
Lampiran 1
2.
Menulis
-    Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menyusun kalimat/percakapan yang bagaimana yang sesuai dengan situasi
Lampiran 2

d.        Instrumen             : lihat Lampiran ...
e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis

No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1.
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
  80% pilihan kata tepat
  60% pilihan kata tepat
  40% pilihan kata tepat
  20% pilihan kata tepat
5
4
3
2
1
2.
Penulisan kosa kata
100% pilihan kosa kata tepat
  80% pilihan kosa kata tepat
  60% pilihan kosa kata tepat
  40% pilihan kosa kata tepat
  20% pilihan kosa kata tepat
5
4
3
2
1
3.
Ketepatan tata bahasa
100% pilihan penggunaan tata bahasa tepat
  80% pilihan penggunaan tata bahasa tepat
  60% pilihan penggunaan tata bahasa tepat
  40% pilihan penggunaan tata bahasa tepat
  20% pilihan penggunaan tata bahasa tepat
5
4
3
2
1

f.          Cara Penilaian
X 100Skor         
       Skor Maksimal

g.         Rubrik untuk penilaian Keterampilan Berbicara
ASPEK
KETERANGAN
SKOR
PELAFALAN
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4

3

2

1
TATA BAHASA
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tata bahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4

3


2

1
KELANCARAN
·         Sangat lancar
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4

3

2

1


























h.         Cara penilaian :
X 100Skor Perolehan
Skor Maksimal


   Tulungagung, Juni 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN                                  Guru Mata pelajaranBahasa Inggris





Drs. H. Abdul M. S.Pd, M.Pd                        Novi Umi Farida
NIP: 19920116 2014 1 307                              NPM 11188203060




Lampiran

TEXT



National Monument

 
The National Monument is a 433 feet or 132 meters tower in the center of Merdeka Square, Central Jakarta. It symbolizes the fight for Indonesia’s independence. The construction began in 1961 under the direction of President Sukarno and the monument was opened to the public in 1975.
The National Monument is obelisk shaped, and is topped with a 14.5 meter bronze flame coated with 32 kilograms gold leaf.  The visitors take a lift up to the look-out platform at the base of the flame for a grand view of Jakarta. The Monument surrounding is now a park with a musical fountain, enjoyed by the Jakarta public on Sundays for sports and recreation. Around monument area there is a large field. There, visitors can walk and ride around the monument by bike. And at the bottom, there is a large field room that is the national museum. This museum displays the history of the struggle of the Indonesian nation.



1.        What is the purpose of the text?
2.       Where is the location of National Monument?
3.       Write sentence  that using  present tense!
4.       Identify the adjective form in the text!
5.       Write the sentence that it shows action verb!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL UTS GENAP PLH KELAS 6 SD

Cara menghilangkan objek dalam foto dengan Photoscape

Pidato Sekolah Baru