RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) bahasa Inggris K-13
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SMA
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : X/1 (satu)
Materi Pokok                        :
Teks deskriptif 
lisan dan tulis, sederhana tentang
tempat wisata
Alokasi Waktu                       : 20 menit (1 x pertemuan)
A.     Kompetensi
Inti
KI 1       :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran
agama yang dianutnya
KI 2       :    Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
K3         :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K4         :    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No. 
 | 
  
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
 
1. 
 | 
  
1.1  Mensyukuri
  kesempatan  dapat mempelajari bahasa
  Inggris pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
  belajar. 
 | 
  
Menulis learning log yang
  mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan
  manfaatnya. 
 | 
 
2. 
 | 
  
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
  percaya diri dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
  dengan guru dan teman. 
 | 
  
2.2.1
  Menyelesaikan tugas bahasa Inggris tepat waktu. 
2.2.2
  Menyelesaikan tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja kelompok. 
2.2.3
  Datang tepat waktu pada saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam
  pelajaran. 
 | 
 
3. 
 | 
  
3.7  Menganalisis
  fungsi sosial,    struktur teks, dan
  unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata,  sesuai dengan konteks penggunaannya. 
4.8.    Menangkap
  makna dalam teks deskriptif  lisan dan
  tulis sederhana.  
4.9.    Menyunting
  teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempatwisata,
  danbangunanbersejarahterkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
  teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
4.10 Menyusun teks
  deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang tempat wisata dengan
  memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
  dengan konteks. 
 | 
  
3.7.1       
  Menentukan tujuan
  komunikatif teks. 
3.7.2       
  Mengenal teks
  deskriptive 
3.7.3       
  Mengidentifikasi
  ungkapan atau pola kalimat dalam teks. 
3.7.4       
  Mengidentifikasi kata
  sifat (adjective)
  dalam teks. 
3.7.4    Mengidentifikasi struktur teks. 
3.7.5    Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam
  teks. 
4.8.1   Mengamati teks deskriptif tentang tempat
  wisata 
4.8.2   Mengidentifikasi Teks descriptif sesuai gambar 
4.9.1   Menyebutkan fungsi sosial dan struktur
  teks dalam teks Descriptive 
4.9.2    Mengenal
  struktur teks deskriptif 
            4.9.3       
  Menyebutkan struktur
  teks 
            4.9.4       
  Menjelaskan isi
  bagian teks 
            4.9.5       
  Mempresentasikan teks      deskriptif 
4.10.1  Menyatakan sifat dan ciri fisik tempat
  wisata secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima. 
4.10.2
  Menyatakan sifat dan ciri fisik tempat wisata secara tertulis, dengan akurat,
  runtut dan berterima. 
4.10.3  Mendeskripsikan
  tempat wisata (yang disukai)  secara
  lisan dengan akurat, lancar dan berterima. 
4.10.4  Mendeskripsikan tempat wisata (yang
  disukai)  secara tertulis dengan
  akurat, runtut dan berterima. 
4.10.5 Membuat teks
  deskriptif sederhana tentang tempat wisata dengan akurat, runtut, dan
  berterima. 
 | 
 
C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.    Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri tentang tempat wisata pada gambar secara lisan dengan akurat, lancar
dan berterima.
2.    Menemukan
arti kata sifat (adjective) dan pola
struktur
tentang tempat wisata pada gambar secara lisan dengan akurat,
lancar dan berterima.
3.    Menyatakan
sifat dan ciri fisik tempat wisata dengan akurat, lancar 
4.    Siswa dapat mengidentifikasi
fungsi teks dan unsur kebahasan teks
deskriptif.
5.   
Siswa dapat mendiskripsikan
tempat wisata berdasarkan sifat dan ciri fisiknya secara lisan dengan akurat, lancar dan
berterima.
D.     
Materi
Pembelajaran
Fungsi Sosial         : Mendeskripsikan dan mengidentifikasi tempat wisata.
Struktur Teks       : 
·          
Penyebuttan nama tempat
wisata dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan 
·          
Penyebutan sifat tempat
wisata dan bagiannya.
·          
Penyebutan tindakan
dari atau terkait dengan tempt wisata yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial
yang hendak dicapai. 
Unsur Kebahasaan:       
·          
Kata
kerja dalam simple
present (be, have, see, take, etc)
·          
Kata sifat (beautiful, famous,
large,
wide, etc)
·          
Kata benda yang terkait
dengan tempat wisata.
·          
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan ejaan.
Topik:
·          
Keteladanan tentang
perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
E.      
Metode
Pembelajaran
1.        
Demonstrasi
2.        
Tanya jawab
F.      
Sumber
Belajar
1.        
Contoh
– contoh teks deskriptif tentang tempat wisata
G.     
Media
Pembelajaran
1.        
Media : gambar tempat wisata
2.        
Alat dan bahan :
kertas.
H.      Langkah – langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
(5 menit)
1)      Guru
memberi salam (greeting)
2)      Guru
menanyakan kabar siswa
3)      Guru
memimpin siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran
4)      Guru memeriksa kehadiran siswa
5)     
Guru melakukan tanya jawab
dengan beberapa siswa tentang materi yang akan dipelajari
6)      Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa
Kegiatan
Inti (10
menit)
Mengamati
1)       
Siswa memperhatikan
gambar tentang tempat wisata dan
mendengarkan pertanyaan guru.
2)       
Siswa
merespon dan menjawab pertanyaan dari guru
3)       
Siswa Peserta
didik mengamati contoh teks deskriptif.
Menanya
4)       
Guru menanyakan
gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari
teks deskripsi 
       Mengeksplorasi
5)       
Siswa membacakan contoh
teks deskripsi lain dari berbagai sumber
dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat.
6)       
Siswa menemukan gagasan
pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks
deskripsi yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi
7)       
Siswa menganalisis
dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan tempat wisata dengan
fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan.
8)       
Siswa mengelompokkan
teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya.
9)       
Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman.
Mengomunikasikan
10)    Siswa
menganalisis teks deskripsi tentang tempat wisata sesuai dengan fungsi sosial
tujuan, struktur, dan unsur kebahasaanya.
11)    Siswa
menyampaikan hasil analisisnya didepan guru dan teman.
Penutup
(5 menit)
1.        
Siswa dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.        
Guru mengajak siswa
menutup pelajaran dengan do’a. 
3.        
Guru
mengucapkan salam penutup.
12)   
Penilaian
1.      Sikap
spiritual
a.       Teknik
penilaian               : Tertulis
b.      Rubrik
penilaian sikap spiritual
No 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Skor 
 | 
 
1 
 | 
  
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan
  “Thank” 
 | 
  
5 
 | 
 
2 
 | 
  
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan
  “Thank” 
 | 
  
4 
 | 
 
3 
 | 
  
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan
  “Thank” 
 | 
  
3 
 | 
 
4 
 | 
  
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 
 | 
  
2 
 | 
 
5 
 | 
  
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 
 | 
  
1 
 | 
 
c.       Pedoman
pensekoran:
5
= Menunjukkan sikap sangat bersyukur
4
= Menunujukkan sikap bersyukur
3
= Menunujukkan sikap cukup bersyukur
2
= Menunujukkan sikap kurang bersyukur
1
= Menunujukkan sikap tidak bersyukur
2.      Ketrampilan
a.        
Teknik Penilaian   : Unjuk kerja
b.        
Bentuk Instrumen            : Tes Keterampilan Menulis, Membaca,
dan Berbicara
c.        
Kisi-kisi                :
No. 
 | 
  
Keterampilan 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Instrumen 
 | 
 
1. 
 | 
  
Berbicara 
 | 
  
-   
  Disajikan sebuah percakapan
  singkat, siswa dapat memperagakan percakapan tersebut 
 | 
  
Lampiran
  1 
 | 
 
2. 
 | 
  
Menulis 
 | 
  
-   
  Disajikan sebuah situasi
  sederhana, siswa dapat menyusun kalimat/percakapan yang bagaimana yang sesuai
  dengan situasi  
 | 
  
Lampiran
  2 
 | 
 
d.       
Instrumen             : lihat Lampiran ...
e.        
Rubrik Tes Keterampilan Menulis
No 
 | 
  
Aspek yang Dinilai 
 | 
  
Kriteria 
 | 
  
Skor 
 | 
 
1. 
 | 
  
Pilihan kata 
 | 
  
100% pilihan kata tepat 
  80% pilihan kata tepat 
  60% pilihan kata tepat 
  40% pilihan kata tepat 
  20% pilihan kata tepat 
 | 
  
5 
4 
3 
2 
1 
 | 
 
2. 
 | 
  
Penulisan
  kosa kata 
 | 
  
100% pilihan kosa kata tepat 
  80% pilihan kosa kata
  tepat 
  60% pilihan kosa kata
  tepat 
  40% pilihan kosa kata
  tepat 
  20% pilihan kosa kata
  tepat 
 | 
  
5 
4 
3 
2 
1 
 | 
 
3. 
 | 
  
Ketepatan
  tata bahasa 
 | 
  
100% pilihan penggunaan tata bahasa tepat 
  80% pilihan penggunaan tata
  bahasa tepat 
  60% pilihan penggunaan
  tata bahasa tepat 
  40% pilihan penggunaan
  tata bahasa tepat 
  20% pilihan penggunaan
  tata bahasa tepat 
 | 
  
5 
4 
3 
2 
1 
 | 
 
f.         
Cara Penilaian
g.        
Rubrik untuk penilaian
Keterampilan Berbicara
ASPEK 
 | 
  
KETERANGAN 
 | 
  
SKOR 
 | 
 
PELAFALAN 
 | 
  
·        
  Sangat jelas sehingga mudah
  dipahami 
·        
  Mudah dipahami meskipun
  pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi 
·        
  Ada masalah pengucapan
  sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh 
·        
  Ada masalah pengucapan yang
  serius sehingga tidak bisa dipahami 
 | 
  
4 
3 
2 
1 
 | 
 
TATA BAHASA 
 | 
  
·        
  Tidak ada atau sedikit
  kesalahan tata bahasa 
·        
  Kadang-kadang ada kesalahan
  tetapi tidak mempengaruhi makna 
·        
  Sering membuat kesalahan
  sehingga makna sulit dipahami 
·        
  Kesalahan tata bahasa sangat
  parah sehingga tidak bisa dipahami 
 | 
  
4 
3 
2 
1 
 | 
 
KELANCARAN 
 | 
  
·        
  Sangat lancar 
·        
  Kelancaran sedikit terganggu
  oleh masalah bahasa 
·        
  Sering ragu-ragu dan terhenti
  karena keterbatasan bahasa 
·        
  Bicara terputus-putus dan
  terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi 
 | 
  
4 
3 
2 
1 
 | 
 
h.        
Cara penilaian :
   Tulungagung, Juni
2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN                                  Guru Mata pelajaranBahasa Inggris
Drs. H. Abdul M. S.Pd, M.Pd                        Novi Umi Farida
NIP: 19920116 2014 1 307                              NPM 11188203060
Lampiran
TEXT 
National
Monument
The
National Monument is a 433 feet
or 132 meters tower in the
center of Merdeka Square, Central Jakarta. It symbolizes the fight for
Indonesia’s independence. The construction
began in 1961 under the direction of President Sukarno and the monument was
opened to the public in 1975.
The National Monument is obelisk shaped, and is topped with a 14.5 meter
bronze flame coated with 32 kilograms gold leaf.  The visitors take a lift up to the look-out platform at the base of the flame
for a grand view of Jakarta. The Monument surrounding is now a
park with a musical fountain, enjoyed by the Jakarta public on Sundays for
sports and recreation. Around monument area
there is a large field. There, visitors can walk and ride around the monument
by bike. And
at the bottom, there is a large field room that is the national museum. This
museum displays the history of the struggle of the Indonesian nation.
1.       
What is the purpose of the text?
2.       Where
is the location of National Monument?
3.       Write
sentence  that using  present tense!
4.       Identify
the adjective form in the text!
5.       Write
the sentence that it shows action verb!
Komentar
Posting Komentar