RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K - 13
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMKN 1 Tunas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1 (satu)
Materi Pokok
: Ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
Pertemuan
ke-1 :
Alokasi waktu (2 X 45 Menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggungjawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.
Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
a.
Mengenal ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran
b.
Mengidentifikasi
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
c.
Membedakan personal and general point of view in
opinion sesuai konteksnya
4.
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan
tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
a.
Menyatakan ungkapan
pendapat dan pikiran
b.
Menggunakan
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran sesuai konteks
C. Tujuan Pembelajaran
Siswa terampil
menggunakan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran sesuai konteks dengan baik
dan sopan
D. Materi Pembelajaran
1.
Fungsi Sosial : Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
2.
Struktur Teks :
Expression of opinion
- I reckon this might have happened.
- To be honest, I never thought that social media was so prevalent among teenagers.
a) Personal point of view of expressing Opinion
Smoking
should be banned in public places.
Opinion : I think smoking should be
banned in public places.
b) General point of view of expressing Opinion
Western
culture give bad effect in our country.
Opinion : of course, many argue that western culture give bad effect into our
young generations
3. Unsur Kebahasaan:
·
Tata bahasa: simple
past tense, simple present tense, perfect tense.
·
Ungkapan menyatakan
pendapat/pikiran (I think, I
suppose, In my opinion .. dsb).
·
Kata kerja bantu modal (need, shloud, will... dsb )
·
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan ejaan.
4. Topik:
·
Keteladanan tentang
perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific approach
2.
Teknik : Metode ilmiah,
pengamatan, penugasan
3.
Model : Discovery learning
F. Media, Alat
dan Sumber Pembelajaran
2.
Media : LCD projector, contoh menyatakan pendapat dan pikiran
3.
Alat/Bahan : papan tulis, kertas
4.
Sumber
Belajar : Kurikulum 2013, buku teks
G. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
(15 menit)
1) Guru
memberi salam (greeting)
2) Guru
menanyakan kabar siswa
3) Guru
menunjuk ketua kelas untuk memimpin
berdoa sebelum memulai pembelajaran
4) Guru memeriksa kehadiran siswa
5)
Guru melakukan tanya jawab dengan beberapa siswa
6) Guru
menjelaskan cakupan materi sesuai dengan
silabus
Kegiatan
Inti (60
menit)
Mengamati
1)
Guru memberi contoh
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
2)
Siswa membaca
contoh ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
3)
Siswa mengamati
ciri-ciri ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
Menanya
4)
Dengan bimbingan
dan arahan guru, siswa mempertanyakan ungkapan-ungkapan yang belum di mengerti
Mengeksplorasi
5)
Siswa menganalisis
perbedaan personal and general point of
view
6)
Siswa menemukan
perbedaan personal and general point of
view
7)
Siswa memahami
perbedaan personal and general point of
view sesuai konteksnya
Mengasosiasi
8)
Siswa di beri
beberapa pernyataan tentang ungkapan menyatakan pendapat/pikiran
9)
Siswa menyatakan pendapat dan pikiran berdasarkan pernyataannya
10) Siswa menyampaikan pendapat dan pikirannya di depan guru
dan teman
Penutup
(15 menit)
1.
Siswa dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.
Guru dan siswa
menutup pelajaran dengan do’a.
3.
Guru
mengucapkan salam penutup.
H. Penilaian
1. Jenis/teknik
penilaian
·
Tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang di mulai
sejak aktifitas mengamati, menanya, mengeksplorasi dan mengasosiasi
Sikap:
-
observasi,
penilaian diri, teman sejawat
-
jurnal, di dalam
dan luar kelas, berupa catatan rubrik.
Guru mengobservasi dan
mencatat prilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan di eveluasi
dengan menggunakan teks tulis/lisan dan penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
Uraian
3.
Pedoman Penskoran
Rubrik
A.
Penilaian
Pengetahuan
Lembar Penilaian pengetahuan
pada kegiatan menyampaikan pendapat/pikiran
No.
|
Butir sikap
|
Deskripsi
|
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = banyak kesalahn sehingga sulit di pahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit di pahami
|
|
2.
|
Kelancaran
|
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar
|
|
3.
|
Kosa Kata
|
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = banyak kesalahan sehingga sulit di pahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit di pahami
|
|
4.
|
Tata Bahasa
|
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = banyak kesalahan sehingga sulit di pahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit di pahami
|
B.
Penilaian
Ketrampilan
Lembar penilaian keterampilan
menulis pendapat dan pikiran
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kesesuaian
isi dengan tujuan penulisan pesan
|
100
% isi sesuai
|
5
|
80
% isi sesuai
|
4
|
||
60
% isi sesuai
|
3
|
||
40
% isi sesuai
|
2
|
||
20
% isi sesuai
|
1
|
||
2.
|
Pilihan
kata
|
100
% pilihan kata tepat
|
5
|
80
% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60
% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40
% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20
% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3.
|
Penulisan
kosa kata
|
100
% penulisan kosa kata
tepat
|
5
|
80
% penulisan kosa kata
tepat
|
4
|
||
60
% penulisan kosa kata
tepat
|
3
|
||
40
% penulisan kosa kata
tepat
|
2
|
||
20
% penulisan kosa kata
tepat
|
1
|
||
4.
|
Ketepatan
tata bahasa
|
100
% penggunaan tata bahhasa tepat
|
5
|
80
% penggunaan tata bahhasa tepat
|
4
|
||
60
% penggunaan tata bahhasa tepat
|
3
|
||
40
% penggunaan tata bahhasa tepat
|
2
|
||
20
% penggunaan tata bahhasa tepat
|
1
|
C.
Penilaian Sikap
Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Kesopanan
|
||
2.
|
Ketertiban selama kegiatan
|
||
3.
|
Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
|
||
4.
|
Keseriusan selama kegiatan
|
Mengetahui:
Guru
Pamong SMK Negeri 1
Tunas, Tulungagung,
18 September 2014
Mahasiswa PPL,
WATI, S. Pd
NIP. 19750814 200504 2 021 NOVI
NPM.
111884485689
HANDOUT
EXPRESSION OF OPINIONS
Opinion
An opinion is the way you feel
or think about something.
Our opinion about something or
someone is based on our perspective. Whenever we give or express our opinion,
it is important to give reasoning or an example to support our opinion.
Example of opinion :
- I reckon this
might have happened.
- To be honest, I
never thought that social media was so prevalent among teenagers.
- I believe
bullying is totally unacceptable practice in our school.
- Too much TV is
not good for eyes.
- I am not
convinced that majority of the people are not aware of this issue.
Expression
Opinions can be expressed in the ways given below.
A.
Personal
Point of View
These expressions are used to show a personal point
of view.
§
In my opinion...
- What I mean is...
- In my humble opinion...
- I would like to point out that...
- To my mind...
- By this I mean...
- I am compelled to say...
- I reckon...
- As I see it...
§ I think...
§ Personally, I think...
§ In my experience...
§ According to me...
§ I strongly believe that...
§ As far as I am concerned...
§ From my point of view...
§ As I understand...
How to make a sentence that use Personal Point of View
Example:
1.
Smoking should be banned in public places.
Opinion : I think smoking should be
banned in public places.
2.
Mother should not work
Opinion : In my opinion mother should
take care of her family.
3.
Internet is necessary in our dailylife.
Opinion : In my experience, it is very
important to make easier do my assignment
B.
General
Point of View
These
expressions are used to show a general point of view. A general point of view creates a balance in writing and helps to avoid absolute
statements.
§
Most people do not agree...
§
Almost everyone...
§
Some people say that...
§
Some people believe...
§
Of course, many argue...
§
While some people believe...
§
Generally, it is accepted...
§
Majority disagree with...
§
Majority agree with...
§
It is sometimes argue...
§
It is considered...
How
to make a sentence that use General
Point of View
Example:
1.
Western culture give bad effect in our country.
Opinion : of course,
many argue that western
culture give bad effect into our young
generations
2.
Bullying
should be declared as punishale crime
Opinion : almost everyone impressing that bullying is sosial
evil.
3.
Mario Teguh televison’s program is good television’s program
Opinion : Some people say that Mario Teguh televison’s program
can motivate us
The Student’s Worksheet
I.
Fill in the blanks using the opinion expressions given in
the box below:
1. From my
__________________ bullying is
everyone's problem and responsibility.
2. As far as I know __________________ prefer western lifestyle as their culture than
their own lifestyle.
3. __________________, an terrorist should gets
dead punishment .
4. Some people __________________ that smile make us
ageless.
5. Children
_________________ be living in constant fear. They shouldn't be afraid.
II.
Write your opinion and give reasons based on the
statement using expressions of opinion below!
1. What do you think about your Mother?
___________________________________________________________________
2.
The students’ do
not allowed to bring handphone in their school
___________________________________________________________________
3.
Sosial media is
needed in our dailylife.
___________________________________________________________________
Komentar
Posting Komentar