RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K - 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMKN 1 Tunas
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XI/1 (satu)
Materi Pokok                        : Menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan  pendapat dan pikiran
Pertemuan ke-2                     : Alokasi Waktu ( 2 x 45 menit )

A.     Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3  :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4  :    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
a.    Memahami ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
b.    Mengidentifikasi ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
c.    Membedakan ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
4.      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
a.    Melengkapi teks/dialog dengan menggunakan ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
b.    Melafalkan teks/dialog yang menyatakan ungkapan Agree and Disagree with an Opinion

C.   Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat memahami ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
2.         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
3.         Siswa dapat membedakan ungakapan Agree and Disagree with an Opinion
4.         Siswa dapat melengkapi teks/dialog dengan menggunakan ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
5.         Siswa dapat melafalkan teks/dialog yang menyatakan ungkapan Agree and Disagree with an Opinion

D.   Materi Pembelajaran

1.      Fungsi Sosial   : Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
2.      Struktur Teks :

Responses of Opinion
Agreeing with opinion
Disagreeing with opinion
-           Of course.
-           I agree with this opinion.
-           I think so too.
-           This is absolutely right.
-          I am sorry, I don’t agree with you.
-          I disagree with you.
-          I think you are wrong.
-          I am not sure I agree with you.
            Example of how to agree and disagree with opinion
Statement
Agree
Disagree
Smoking should be banned in public places.
I totally agree that smoking should be banned in public places.
I am sory but I tend to disagree with you  on this.

3.      Unsur Kebahasaan:
·           Tata bahasa: simple past tense, simple present tense, perfect tense.
·           Ungkapan menyatakan pendapat/pikiran (I think, I suppose,  In my opinion .. dsb).
·           Ungkapan Agreement ( Of course, i agree, this is absolutely right, ... dsb)
·           Ungkapan Disagreement ( I disagree, i am not sure, ... dsb)
·           Kata kerja bantu modal (need, shloud, will... dsb )
·           Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan.

4.      Topik:
·           Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.

E.   Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan               : Scientific approach
2.         Teknik                       : Discussion, pengamatan, penugasan, role-play
3.         Model                       : Discovery learning

F.   Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : LCD projector
2.         Alat/Bahan                : papan tulis, kertas
3.         Sumber Belajar         : Kurikulum 2013, buku  teks  

G.   Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
1)      Guru memberi salam (greeting)
2)      Guru menanyakan kabar siswa
3)      Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran
4)      Guru memeriksa kehadiran siswa
5)      Guru melakukan tanya jawab dengan beberapa siswa
6)      Guru menjelaskan cakupan materi sesuai dengan silabus

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1)        Guru memberi contoh ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
2)        Siswa membaca contoh ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
3)        Siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan Agree and Disagree with an Opinion

Menanya
4)        Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan ungkapan-ungkapan yang belum di mengerti

       Mengeksplorasi  
5)        Siswa menganalisis perbedaan ungkapan menyatakan dan merespon dengan Agree and Disagree with an Opinion
6)        Siswa memahami perbedaan ungkapan menyatakan dan merespon Agree and Disagree with an Opinion sesuai konteksnya

Mengasosiasi
7)        Siswa di beri contoh dialog yang menggunakan Agree and Disagree with an Opinion
8)        Siswa menggaris bawahi kalimat yang menunjukkan Agree and Disagree with an Opinion pada teks/dialog
9)        Siswa bergantian menyebutkan kalimat yang menunjukkan Agree and Disagree with an Opinion




Mengkomunikasikan
10)    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa membentuk kelompok secara berpasangan
11)    Siswa melengkapi teks percakapan dengan menggunakan ungkapan Agree and Disagree with an Opinion
12)    Siswa beserta kelompoknya bergantian membaca teks percakapan tersebut di depan guru dan teman

Penutup (15 menit)
1.         Siswa dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.         Guru dan siswa menutup pelajaran dengan do’a.
3.         Guru mengucapkan salam penutup.

H.   Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
·      Tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang di mulai sejak aktifitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Sikap:
-             observasi, penilaian diri, teman sejawat
-             jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan rubrik.
        Guru mengobservasi dan mencatat prilaku siswa yang mencakupi sikap dan            keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan di eveluasi dengan menggunakan teks tulis/lisan dan penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal

2.    Bentuk instrumen dan instrumen
Uraian

3.    Pedoman Penskoran
Rubrik
A.       Penilaian Pengetahuan
Lembar Penilaian pengetahuan pada kegiatan berdialog
No.
Butir sikap
Deskripsi
skor
1.
Pelafalan
5 =  Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = banyak kesalahn sehingga sulit di pahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit di pahami

2.
Kelancaran
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar

3.
Kosa Kata
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = banyak kesalahan sehingga sulit di pahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit di pahami

4.
Tata Bahasa
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = banyak kesalahan sehingga sulit di pahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit di pahami


B.       Penilaian Ketrampilan
Lembar penilaian keterampilan menulis pendapat dan pikiran
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1.
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100 % isi sesuai
5
80 % isi sesuai
4
60 % isi sesuai
3
40 % isi sesuai
2
20 % isi sesuai
1
2.
Pilihan kata
100 % pilihan kata tepat 
5
80 % pilihan kata tepat 
4
60 % pilihan kata tepat 
3
40 % pilihan kata tepat 
2
20 % pilihan kata tepat 
1
3.
Penulisan kosa kata
100 % penulisan kosa kata tepat
5
80 % penulisan kosa kata tepat
4
60 % penulisan kosa kata tepat
3
40 % penulisan kosa kata tepat
2
20 % penulisan kosa kata tepat
1
4.
Ketepatan tata bahasa
100 % penggunaan tata bahhasa tepat 
5
80 % penggunaan tata bahhasa tepat 
4
60 % penggunaan tata bahhasa tepat 
3
40 % penggunaan tata bahhasa tepat 
2
20 % penggunaan tata bahhasa tepat 
1


C.       Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
Sikap yang diamati
Terlihat (√)
Tidak terlihat (√)
1.
Kesopanan


2.
Ketertiban selama kegiatan


3.
Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas


4.
Keseriusan selama kegiatan







Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
Sikap yang diamati
Terlihat (√)
Tidak terlihat (√)
1.
Partisipasi dalam diskusi


2.
Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat


3.
Saling menghormati dan menghargai


4.
Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas




Mengetahui:
Guru Pamong SMK Negeri 1 Tunas,             Tulungagung, 25 September 2014
                                                                                Mahasiswa PPL,
     

WATI, S. Pd                             
NIP.                                                                         NOVI 
                                                                                                NPM. 




HANDOUT
RESPONSES OF OPINIONS

Responses
Response can be expressed in the ways expressions below.

Kinds of Opinion’s Responses :
1.    Agreeing with an Opinion
These are some of the expressions used to express agreement with an opinion.


*          Of course.
*          This is absolutely right.
*          I agree with this opinion.
*          I couldn’t agree more.
*          I agree with what you are saying but have you ever...
*          I agree, I never thought of that.
*          Neither do I.
*          That’s a good point.
*          I think so too




2.   Disagreeing with an Opinion
These are the expressions used to express disagreement with an opinion.


      I am sorry, i don’t agree with you.
      I am not sure. I agree with you.
      I don’t agree with you.
      I am afraid i have to disagree with you.
      I do not believe that.
      By this I mean...
      I disagree with you.
      I think you are wrong.
      That’s not the same thing at all.
      It is not justified to say to.
      I am not convinced that...
      I can’t say I agree with this, and here’s why...


Example of how to agree and disagree with opinion
Statement
Agree
Disagree
Smoking should be banned in public places.
I totally agree that smoking should be banned in public places.
I am sory but I tend to disagree with you  on this.
Woman should not work.
I think so too. Women should stay  at home and take care of their children.
I am afraid I have to disagree with  on this
Online gaming  should  be banned.
Absolutly right, it should be as  it distracts  the students from studying.
I don’t agree with you It is a venue for student s to develop their skills.


Example in dialogue conversation :

Dialogue 1
Hana      : What do you think about the test yesterday, me?
Meme    : I think it was difficult. I could not answer some of questions.
Hana      : I disagree with you. I think it’s easy.

Dialogue 2
            Rifan   : Guys, I have an idea. How about if we go to beach in the next holiday?
            Icha     : Yes, I agree with you. Where will we go?
            Kania   :  Bali! I want to see sunrice in Kuta beach.
            Icha     : I am sorry, I don’t agree Kania.  It’s too expensive.
            Bryan  : Yups. What about with Sine beach in Tulungagung.
            Rifan   : I agree, I never thought of that. Sine beach is Tulungagung’s Kuta                                      beach.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL UTS GENAP PLH KELAS 6 SD

Cara menghilangkan objek dalam foto dengan Photoscape

Pidato Sekolah Baru